Rabu, 09 Februari 2011

Manusia dan Cinta Kasih


Pengertian Cinta Kasih
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI, Balai Pustaka, 1996 ), cinta adalah rasa sangat suka ( kepada ) atau rasa sayang ( kepada ), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta ( kepada ) atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian, arti cinta dan kasih itu hampir sama sehingga kata kasih dapat dikatakan lebih memperkuat rasa cinta. Oleh karena itu, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka ( sayang ) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

 

Arti Cinta dan Kasih Sayang

Banyak yang mengira sayang dan cinta hampir sama. karena kegunaan dan bentuk pengukapan dalam segi rasa hampir sama.berbanding terbalik atau sangat mirip.Tapi setelah banyak pendapat ternyata bebeda fungsi, gunanya dan penempatan. Biasanya rasa sayang tumbuh lebih dahulu sebelum rasa cinta muncul. Tumbuhnya rasa sayang dan cinta semua tidak diketahui kapan dan sampai kapan, menurut buku yang saya baca cinta definisanya tidak terbatas, jadi rasa cinta dan sayang itu jangan dibatasi sebab luas persepsinya.

Banyak bermunculan ide dan pendapat bahwa cinta dan sayang itu saling bertolak belakang. Rasa cinta dan sayang adalah pemberian tuhan kepada hambanya, karena adanya sayang dan cinta mungkin dunia ini akan begitu indah karena penghuninya memliki rasa diantara rasa yang sangat mulia. Munculnya cinta dan sayang bukan karena tanpa sebab, semua itu mungkin sudah direncanakan olehNya. Antara sayang dan cinta siapa saja pasti sudah bisa merasakan betapa indah, nikmat tentunya banyak yang di buat bahagia atasnya. Tapi juga dampak dari rasa sayang dan cinta mungkin banyak yang bilang sakit dan trauma bahkan sangat benci karena mengenalnya. Karena adanya cinta tiap manusia tentu bisa mengerti hal-hal yang mungkin akan efek dari kedua hal ini. Untuk memiliki cinta ini butuh tahap karena pada hakikatnya semua orang pingin mendapatkan cinta suci yang tinggi nilainya.


Definisi 'belas'
perasaan iba atau sedih melihat orang lain menderita
-- kasih rasa kasih krn iba; -- kasihan rasa belas dan kasihan;
ber·be·las·ka·sih·an v menaruh belas kasihan;
mem·be·las·kan v membangkitkan belas kasihan;
pem·be·las n orang yg mudah merasa belas thd penderitaan orang lain
Belas Kasih adalah rasa kasih terhadap orang karena perasaan iba, rasa iba yang muncul dikarenakan melihat penderitaan atau kesulitan yang dialami oleh orang lain.


Bentuk Wujud Cinta Kasih
Bentuk wujud cinta kasih biasanya akan lebih istimewa dengan adanya pemberian hadiah kepada orang-orang terdekat yang dikasihi, keluarga, sahabat atau pun kekasih. Kebiasaan baik ini tentu tidak diukur dari hadiahnya akan tetapi seberapa besar perhatian yang diberikan terutama cinta kasih. Pemberian hadiah kepada orang yang kita kasihi adalahg sebagai wujud rasa terima kasih terhadap cinta dan kasih yang telah diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar